Kamis, 07 Mei 2009

Vespa Zaman Dulu

Vespa Zaman Dulu

sebenernya vespa itu bagus untuk di modif pa lg klo vespa'y udah diganti semuanya mesin,knalpot.dll.

Hampir 50% sales Vespa type GTV merupakan pembelian oleh anggota PCI (Piaggio Club Indonesia ). Selain memberikan arus kas positif, aktivitas komunitas ini sangat membantu ATPM dalam memopulerkan kembali brand Vespa.
Diliput dan ditulis oleh: Nurur R Bintari; Foto: Ihsan Sulaiman & Istimewa

Sekitar 100-an scooter yang parkir berderet itu tampak seperti ornamen yang melengkapi tata ruang sebuah apartemen baru di kawasan Mall Taman Anggrek. Keberadaannya mampu mencuri perhatian pengunjung dalam even launching apartemen tersebut awal Mei lalu. Beberapa tamu ada yang sengaja menghampiri untuk mengamati detil masing-masing motor. Maklum saja kendati tongkrongan setiap scooter nyaris serupa, hampir semua sudah mengalami berbagai modifikasi dengan tambahan asesoris khas Vespa.

Penampilan para pemilik scooter yang tergabung dalam PCI (Piaggio Club Indonesia ) itu pun in line dengan gaya kendaraannya. Dandanan mereka memang tidak seheboh dan “sesangar” penggemar Harley Davidson Club. Saat mendarat rata-rata terbalut jeans biasa (bukan yang robek-robek) sehingga terlihat seperti “orang biasa” juga. Namun begitu, mengenakan jaket kulit, memakai helm gaya penerbang tahun 40-an, plus kacamata gelap, ia menjadi paduan yang sangat stylish dengan scooter yang sudah mengalami sentuhan artistik dan personalize.

“Kami memang disatukan oleh kegemaran terhadap style Vespa,” tutur Rahmat Mulya, pendiri serta dedengkot PCI seraya menyebut satu-per satu atribut brand asal Italia yang mulanya memproduksi pesawat terbang itu: iconic, legendaris, klasik, art, historic, bahkan lifestyle fashion. Mix menemui ketua umum PCI tersebut di “Republic Scooter” beberapa minggu setelah event di Mal Taman Anggrek. Sesuai namanya, kafe mungil itu adalah markas informal tempat anggota PCI biasa berkumpul. Pemiliknya pun anggota PCI. Maka tidak mengherankan kalau ruangan di sebelah kafe dijadikan outlet yang menyediakan pernak-pernik asesoris Vespa. Di luar itu mereka juga memiliki sekretariat resmi yang terletak di Jl Fatmawati, menyatu dengan kantor pusat penjualan Piaggio.

Siang itu Memet—begitu panggilan slank Rahmat Mulya—datang dengan atribut komplet sebagai penggemar scooter sejati. Di usianya yang mendekati kepala empat, gaya sportif pria itu makin enak dilihat saat bertengger di atas Vespa type GTV yang dikendarainya. Unik kendati tidak terlalu modis.

Kesamaan seleralah yang nyatanya mampu menyatukan lebih dari 125 orang anggota PCI. Komunitas itu dibentuk pertengahan Juli 2005 beranggotakan pemilik berbagai varian model scooter Piaggio yang diimpor secara CBU seperti Vespa ET, Vespa LX, Vespa PX, vespa Corsa, Vespa GT, Vespa GTV, Piaggio DNA, Piaggio Liberty, Piaggio Fly, Piaggio X9, dan Piaggio MP3 keluaran mulai tahun 1990 sampai sekarang. Usianya pun sangat beragam. Dari anak SMA sampai pensiunan.

Mereka rutin berkumpul dengan scooter kebanggaan masing-masing. Acaranya sekadar makan bubur ayam di Minggu pagi. Dan isi obrolan mereka bisa dipastikan tak jauh-jauh seputar dunia scooter. Mereka antusias bertukar informasi mengenai asesoris motor, apalagi jika ada kabar produk baru segera masuk. Tak jarang pula scooter itu beredar kepemilikan di antara para anggota komunitas. Selain itu mereka memiliki agenda rutin tahunan seperti touring ke berbagai kota, bakti sosial, sampai rally.

Loyalitas dan fanatisme inilah yang dilirik oleh Sun Motor segera setelah ATPM ini mengambil alih distribusi Piaggio dari Dan Motor (grup Danapaint) pada pertengahan 2007. Sejak dua tahun lalu Sun Motor memang menjadi pemegang lisensi Piaggio Build Up (full impor). Sejak saat itu pula ATPM melihat komunitas memiliki potensi tersendiri untuk mendukung strategi bisnis mereka.

Saat mengendarai Vespa (apalagi kalau beramai-ramai) secara otomatis mereka berperan sebagai endorser yang mempromosikan dan lebih mempopulerkan produk. Modifikasi motor yang mereka lakukan juga mampu membuat orang lebih tertarik. Maklum saja sebelum pengambilalihan oleh Sun Motor produk Piaggio Indonesia acapkali kosong selama beberapa tahun. Walhasil, saat ini Sun Motor harus mulai pengenalan dan edisi produk dari awal lagi.

Dalam hal ini para anggota PCI ini bisa menjadi agen word of mouth yang efektif. Tidak hanya terhadap sesama teman (yang sudah menjadi existing customer Piaggio), anggota PCI juga cenderung mempengaruhi orang lain yang belum memakai Vespa untuk mencobanya.

Secara arus kas, Nugroho Tjandrakusuma, Direktur Sun Motor, yang kemudian diangkat sebagai pembina PCI, mengakui anggota PCI memberikan sumbangan yang cukup signifikan terhadap penjualan. Sekadar contoh, dari 40 unit Vespa GTV 250 yang didatangkan Sun Motor tahun lalu, nyaris setengahnya dibeli oleh anggota PCI. Varian ini merupakan replika GT60 yang oleh pabriknya di Italia hanya diproduksi sebanyak 999 buah.

Lantaran permintaan masih mengalir, Piaggio akhirnya mengeluarkan replikanya dan Sun Motor Indonesia mendapat jatah tidak sampai 50 buah. Beberapa bulan lalu Sun kembali mendapat kiriman 6 buah, namun hanya sekejap langsung tandas.

Secara overall, Nugroho memprediksi kontribusi penjualan dari anggota PCI mencapai 10% selama 2007. Memang tidak terlalu besar lantaran jenis produk yang mereka kehendaki biasanya varian-varian yang tidak massal dan lebih stylish dengan kisaran harga Rp 44 juta sampai sekitar Rp 80-an juta. Misalnya LX 150 (Rp 44 juta), GT200L (Rp 59 juta), VXR (Rp 66 juta), GTV250 (Rp 82 juta), bahkan MP3 (scooter roda 3 Rp 110 juta).

Beberapa kali ATPM juga sengaja memasukkan suatu varian berdasarkan permintaan anggota PCI. Lantaran seringnya mereka berkumpul dan intensitas hubungan yang cukup erat dengan pihak ATPM, anggota PCI biasanya memang paling awal mendapat kabar masuknya suatu varian baru dari Piaggio, bahkan untuk Piaggio yang tidak diprioritaskan masuk ke Indonesia.

Saat ini penjualan Piaggio terbesar masih didominasi oleh Fly 125, scooter matic seharga sekitar Rp 24 jutaan. Produk yang menyasar segmen yang lebih masal ini harus diakui mampu menggerakkan pertumbuhan. Sekadar informasi, selama 2007 penjualan scooter Piaggio baru mencapai 360 unit, namun Nugroho optimistis tahun ini mereka bisa menjual sampai 800 unit.

Dibandingkan dengan komunitas motor lain yang dibentuk oleh perusahaan, Nugroho menilai PCI memiliki keunggulan karena terbentuk sendiri dari konsumen. “Yang belong to the club adalah orang yang punya kesamaan hoby dan bisa saja mulainya antar teman yang mungkin rumahnya berdekatan. Makanya kebersamaan mereka lebih erat,” ujarnya.

Kondisi ini, masih ujar Nugroho beda dengan club yang di-set up oleh perusahaan. Secara kuantitas, anggota klub organik seperti ini bisa sangat banyak—karena berasal dari konsumen umum. Namun profil membership seperti ini lebih sukar di-set up kebersamaannya. “Jadi tidak serapat kalau tumbuh dari kemauan konsumen sendiri,” tambahnya. Begitupun secara reguler, kepada setiap customer yang membeli Piaggio ATPM selalu menawarkan kalau-kalau mereka berminat untuk gabung dengan PCI.

Lalu apa imbal balik kerjasama yang ditawarkan ATPM kepada PCI? Selain menyediakan tempat untuk sekretariat club, Sun Motor juga memberi kompensasi kepada setiap anggota PCI berupa diskon 5% untuk biaya service after sales. Diskon tambahan juga diberikan untuk pembelian setiap unit produk. Selain itu ATPM juga berkomitmen memberikan dukungan dalam setiap event yang diadakan PCI. Untuk event touring misalnya, selain berbentuk dukungan pendanaan dan barang (seperti kaos), ATPM juga selalu menyediakan tim service dan mekanik untuk mengawal perjalanan rombongan. Dana untuk keperluan ini oleh ATPM diambilkan dari budged promosi.

Bentuk kerjasama lain yang saling menguntungkan juga terlihat dari kesertaan PCI dalam event-event pameran yang diadakan oleh ATPM. Contohnya saja dalam pameran Piaggio yang diadakan pertengahan Juni di Pasific Place . Dalam acara itu PCI diberi space khusus untuk memajang produk-produk hasil modifikasi anggota. Bagi PCI kesempatan ini menjadi ajang publikasi kreatifitas club yang menguntungkan. Sebaliknya bagi ATPM, secara public relation kesertaan PCI memberi nilai tambah karena terbantu dengan display motor-motor mereka yang sudah termodivikasi. “Jadi lebih menarik audience kan ,” tambah Nugroho.

Handoko Hendroyono, One-Com Advertising:

Bikin Agar Selalu Fun

Pola relationship antara komunitas dengan prinsipal ini bisa jadi model karena merupakan strategi marketing yang efektif kendati mungkin jumlah anggotanya tidak terlalu banyak. Sebagai orang iklan saya sangat paham bahwa konsumen itu cenderung benci pada iklan, mereka sangat waspada terhadap agenda iklan. Aktivitas yang dilakukan komunitas ini mampu membebaskan persepsi konsumen terhadap agenda iklan. Apalagi kalau konsumen paham bahwa komunitas ini terbentuk dengan sukarela, bukan by plan oleh principal.

Di sisi lain saat ini ada kecenderungan Vespa mulai menjadi tren dunia. Sepertinya memang sedang menjadi policy pusat Vespa di sana untuk menjadikan brand ini produk lifestyle dengan vintage style sebagai kekuatan selling sehingga harganya pun bisa dipasang mahal. Kekuatan produk yang komplet dari rasional, fungsional sampai emosional memang bisa makin dimaksimalkan dengan kelompok/komunitas lifestyle.

Lalu apa yang harus dilakukan principal untuk mengoptimalkan keberadaan komunitas ini? Syaratnya ada dua, pertama mereka harus memfasilitasi kepentingan komunitas, kedua bikin mereka merasa selalu lebih fun. Apa yang mereka lakukan melalui kerjasama exhibition dan dukungan waktu touring, menurut saya, sudah benar, namun jangan sekali-kali menyisipkan agenda produknya kepada mereka karena bisa melemahkan fanatisme. Bayangkan, selama ini mereka adalah kelompok yang akan membela mati-matian kalau ada yang bilang scooter mereka jelek. Ini kan potensi yang luar biasa. Jadi intinya principal harus bisa merawat komunitas ini. Saya kira ini tidak terlalu sukar dan lebih asyik. Banyak medium yang bisa dikembangkan, misalnya bikin blog, selebaran dll.




vespa-indonesia
(1184 members, Moderated)
Official Website Vespa-Indonesia.com Buat yang pada hobby ataupun yang punya VESPA, disini kita bisa saling tukar menukar pengalaman entah itu teknis maupun suka dukanya naik VESPA atau acara dan jadwal kegiatan Club VESPA yg ada di INDONESIA. Pokoknya yang mau menambah wawasan dan temen VESPA disini tempatnya. Saya harapkan untuk tujuan saling mengenal itu, temen-temen bisa kirimkan data pribadinya (Nama, Email, Alamat, Telephone, Umur dan Tipe VESPAnya)kalo yg belum punya, tapi seneng sama VESPA boleh juga ikutan. Mudah-mudahan milist FORUM VESPA-INDONESIA ini bisa memberikan manfaat buat kita semua pengemar dan pemilik VESPA. ------------------------------------------------------------ Official Website Vespa-Indonesia.com This group was established to facilitate interaction among VESPA owners community in Indonesia. Since it was very difficult when I try to find an Indonesian based group for VESPA as a subject, then I decided to make our first VESPA group on the Internet. This group is not only welcome people that really like VESPA or the owners, but also for the people who like VESPA even they do not own one. Now we also welcome VESPA friend from other countries so we could share our experiences, in riding our VESPA. Please provide us with your data such us, Name, e-mail, Address/Country, your VESPA type. This data later on will be kept in our Contact List Database. This information will make us quite easier to know each member of FORUM VESPA INDONESIA. [more]
Topics frequently discussed: data names address, indonesia com, indonesia community in us, vespa, vespa, vespa club indonesia, vespa com, vespa indonesia, your data with, your internet experience with interactions
Created: 9 years ago - Join This Group
scooterownersgroup_indonesia
(117 members, Moderated)
Forum ini dibuat untuk menjembatani komunikasi antar anggota Scooter Owners Group dari berbagai cabang di wilayah Indonesia dan juga klub vespa di indonesia. Silahkan bertukar Informasi seputar Scooter serta kegiatan terbaru tentang Vespa dan SOG kirim foto kegiatan, Info Acara Bravo SOG Indonesia, Bravo Scooterist Indonesia Salam Owner Milist SOG-Online[more]
Topics frequently discussed: scooter forum, seputar indonesia, vespa indonesia, vespa indonesia online
Created: 4 years ago - Join This Group
impresa-motor-club
(82 members, Moderated)
Selamat datang di situs bagi pecinta dan pengendara sepeda motor di seluruh Indonesia, khususnya mereka yang ingin mencari, memperluas dan memperbanyak teman: -sekedar teman ngobrol -partner bisnis, cari rekanan -relasi untuk kerja -teman kencan, curhat -rekan sesama hobi sepeda motor Keanggotaan terbuka untuk seluruh pengendara dan pecinta sepeda motor Yamaha, Honda, Ducati, Kawasaki, Suzuki, Harley-Davidson, Gold Wing, BMW, Triumph, BSA, Mocin, Kymco, Vespa dan segala jenis sepeda motor. Mari bergabung dan ambil manfaatnya: 1. Banyak relasi, teman 2. Mengurangi stress 3. Tambah ilmu pengetahuan, terutama ilmu mekanika 4. Hiburan bersama PROGRAM IMPRESA: 1. Milis harian 2. Forum Diskusi 3. Game, Quizz berhadiah 4. Ngebengkel bersama 5. Diskon service & perbaikan motor 6. Touring 7. Bakti Sosial 8. Kencan eksklusif 9. masih banyak lagi Informasikan ke teman teman anda-semakin banyak anggota akan jadi semakin menarik. [more]
Topics frequently discussed: bisnis indonesia harian, bmw indonesia, bmw motor, cari gold, cari gold forum, cari kerja online, cari partner bisnis, cari teman kencan, ducati forum, ducati forums, games motor, harian bisnis indonesia, harley davidson indonesia, honda motor indonesia, honda motor indonesia, kawasaki indonesia, kawasaki motor, kawasaki motor indonesia, kawasaki motors, motor club, motor game, motor games, motor honda indonesia, motor suzuki indonesia, motor yamaha, motor yamaha indonesia, pengetahuan kerja sosial, sepeda, sepeda motor, sepeda motor honda, suzuki motor, suzuki motor indonesia, suzuki motors, teman kencan, vespa club indonesia, vespa indonesia, vespa indonesia online, yamaha motor, yamaha motor, yamaha motor indonesia, yamaha motor indonesia, yamaha motor indonesia yang, yamaha motors, yamaha motors
Created: 3 years ago - Join This Group
indonesia-scooter
(80 members, Moderated)
Indonesia Scooter adalah Forum komunikasi para penggemar, kolektor, anggota klub/komunitas scooter yang berada di Indonesia dari berbagai jenis seperti vespa, lambretta, bajaj, zundapp, harley davidson, nsu prima, rabbit, ducati, moped, dll Forum ini dibuat untuk menjembatani para pecinta scooter di indonesia, dan tidak harus dari merek sejenis. tetapi dari berbagai merek scooter yg pernah ada di Indonesia.[more]
Topics frequently discussed: bajaj scooters, ducati forum, ducati forums, harley davidson indonesia, lambretta scooters, moped scooter, moped scooters, motorcycles scooters, scooter, scooter, scooter forum, scooters, scooters, vespa indonesia, vespa scooter, vespa scooters, vespa scooters
Created: 7 months ago - Join This Group
Ikatan_Vespa_Indonesia
(74 members, Moderated)
Milist Ini di tujukan Untuk setiap pengguna dan Hobies Vespa pada umumnya dan juga anggota IVI pada Khususnya. Di milist ini kita ingin membangun kekeluargaan antar pengguna Vespa dan juga saling tukar informasi mengenai Vespa dan permasalahannya termasuk di dalamnya setiap event yang akan dan telah berlangsung. "Dengan Vespa Kita Menjalin Kekeluargaan"[more]
Topics frequently discussed: vespa, vespa, vespa indonesia
Created: 3 years ago - Join This Group
sma1_madiun_80
(57 members, Moderated)
wadah di nggo ngobrol cah lulusan sma 1 madiun angkatan 80 sing kepala sekolahe pak sopo kae lali sing numpak vespa, ijol ijolan informasi, ha ha ha hi hi hi, nostalgia (coro jowone opo ya...?), ijol pikiran, ora oleh golek musuh nanging oleh golek rejeki, ora oleh nesu, ora oleh tersinggung, ora oleh nyinggung unsur sara lan sak panunggalane[more]
Topics frequently discussed: madiun, vespa indonesia
Created: 2 years ago - Join This Group
Vespa_Indonesia
(53 members, Unmoderated)
Buat yang pada hobby ataupun yang punya VESPA, disini kita bisa saling tukar menukar pengalaman entah itu teknis maupun suka dukanya naik VESPA atau acara dan jadwal kegiatan Club VESPA yg ada di INDONESIA. Pokoknya yang mau menambah wawasan dan temen VESPA disini tempatnya. Saya harapkan untuk tujuan saling mengenal itu, temen-temen bisa kirimkan data pribadinya (Nama, Email, Alamat, Telephone, Umur dan Tipe VESPAnya)kalo yg belum punya, tapi seneng sama VESPA boleh juga ikutan. Mudah-mudahan milist VESPA-INDONESIA ini bisa memberikan manfaat buat kita semua pengemar dan pemilik VESPA. ------------------------------------------------------------ This group was established to facilitate interaction among VESPA owners community in Indonesia. Since it was very difficult when I try to find an Indonesian based group for VESPA as a subject, then I decided to make our first VESPA group on the Internet. This group is not only welcome people that really like VESPA or the owners, but also for the people who like VESPA even they do not own one. Now we also welcome VESPA friend from other countries so we could share our experiences, in riding our VESPA. Please provide us with your data such us, Name, e-mail, Address/Country, your VESPA type. This data later on will be kept in our Contact List Database. This information will make us quite easier to know each member of VESPA INDONESIA. [more]
Topics frequently discussed: data names address, indonesia, indonesia, indonesia community in us, only from indonesia, vespa, vespa, vespa club indonesia, vespa indonesia, your data with, your internet experience with interactions
Created: 6 years ago - Join This Group
Vespa-Indonesia-Online
(43 members, Unmoderated)
Buat yang pada hobby ataupun yang punya VESPA, disini kita bisa saling tukar menukar pengalaman entah itu teknis maupun suka dukanya naik VESPA atau acara dan jadwal kegiatan Club VESPA yg ada di INDONESIA. Pokoknya yang mau menambah wawasan dan temen VESPA disini tempatnya. Saya harapkan untuk tujuan saling mengenal itu, temen-temen bisa kirimkan data pribadinya (Nama, Email, Alamat, Telephone, Umur dan Tipe VESPAnya)kalo yg belum punya, tapi seneng sama VESPA boleh juga ikutan. Mudah-mudahan milist VESPA-INDONESIA ini bisa memberikan manfaat buat kita semua pengemar dan pemilik VESPA. ------------------------------------------------------------ This group was established to facilitate interaction among VESPA owners community in Indonesia. Since it was very difficult when I try to find an Indonesian based group for VESPA as a subject, then I decided to make our first VESPA group on the Internet. This group is not only welcome people that really like VESPA or the owners, but also for the people who like VESPA even they do not own one. Now we also welcome VESPA friend from other countries so we could share our experiences, in riding our VESPA. Please provide us with your data such us, Name, e-mail, Address/Country, your VESPA type. This data later on will be kept in our Contact List Database. This information will make us quite easier to know each member of VESPA INDONESIA. [more]
Topics frequently discussed: data names address, indonesia, indonesia community in us, interaction online database, only from indonesia, vespa, vespa, vespa club indonesia, vespa indonesia, vespa indonesia online, your data with, your internet experience with interactions
Created: 6 years ago - Join This Group
kanzen-scudetto
(35 members, Unmoderated)
Milis ini diciptakan sebagai ajang komunikasi pemilik skutik Kanzen Scudetto. Melalui milis ini para member dapat saling berbagi informasi mengenai segala hal terkait scooter 125cc ini... Kanzen Scudetto KS-125 adalah Scooter dengan merk nasional, hasil kerjasama KANZEN dengan Taiwan Golden Bee (TGB), sebuah perusahaan berbasis di Taiwan yang memulai memproduksi scooters di Taiwan sejak 1978 dibawah lisensi Piaggio (Vespa). Di pasar luar Indonesia, Kanzen Scudetto lebih dikenal sebagai TGB 303RS, dengan sedikit penyesuaian sesuai karakter pasar Indonesia. TGB sempat menjadi produsen OEM Vespa untuk pasar Asia, sebelum akhirnya Vespa memutuskan pindah ke pabrikan lain untuk mengejar biaya produksi yang lebih rendah. TGB adalah produsen scooter parts dengan market share CVT transmissions lebih dari 60% di Eropa, dan tentunya Scooter dengan brand sendiri (TGB) yang saat ini populer di negara-negara Eropa, Amerika, dan Australia, sebagai scooter dengan model menarik, kualitas produk yang baik, dan harga yang competitive... SPESIFIKASI TEKNIS KANZEN SCUDETTO: Panjang / Lebar / Tinggi : 1860 / 675 / 1145 Jarak Sumbu Roda : 1200 mm Jarak Terendah ke Tanah : 130 mm Berat Kosong : 110 kg Tipe Rangka : Under Bone Tipe Suspensi Depan : Telescopic Tipe Suspensi Belakang : Lengan Ayun Suspensi Ganda Ukuran Ban Depan : 2,25-17 Ukuran Ban Belakang : 2,50-17 Rem Depan : Cakram Hidrolik Piston Ganda Rem Belakang : Teromol Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 6,8 liter Tipe Mesin : 4 Langkah SOHC, Pendingin Udara Susunan Silinder : Horizontal Diameter x Langkah : 52,4 x 57,8 mm Volume Langkah : 124 cc Daya Maksimum : 8,6 / 7500 ps / rpm Kapasitas oli Mesin : 900 ml Gigi Transmisi : V-Belt Automatic Starter : Pedal dan Elektrik Battery : 12 V - 7 AH Pengapian : CDI [more]
Topics frequently discussed: 4 57, 50 mm, 6 8 mm, 8 mm, australia share market, automatic starter, automatic transmission parts, cvt transmission, gigi model, gigi model, k batteries, k bee, kanzen, motorcycle asia, motorcycle parts indonesia, oem motorcycle parts, piaggio scooter, piaggio scooters, rem 25, rpm transmissions, scooter batteries, scooter parts, scooter x, scooters parts, tgb, tipe, tipe x, tipe x, v belt, v belts, v cc, vespa brand, vespa indonesia, vespa piaggio
Created: 3 years ago - Join This Group
vespaindonesia
(23 members, Unmoderated)
Milist para penggemar VESPA / SCOOTER di Indonesia, disini kita bisa saling tukar menukar informasi / pengalaman masalah teknis, suka duka naik VESPA atau acara dan jadwal kegiatan Club VESPA di INDONESIA.[more]
Topics frequently discussed: vespa club indonesia, vespa indonesia, vespa indonesia online, vespa scooter, vespa scooters, vespa scooters
Created: 4 years ago - Join This Group
vintagemotorindonesia
(16 members, Moderated)
Selamat datang di vintagemotorindonesia@yahoogroups.com Mailing list terbuka untuk siapa saja pecinta Vintage (ada juga yang menyebutnya classic atau antique) Motor di Indonesia. Milis ini bukan ini bukan klub mewakili merk, type/model, negara asal ataupun tahun pembuatan sepeda motor tertentu, Honda, Yamaha, Suzuki, Kawazaki, Ducati, Vespa, Harley-Davidson, BSA, BMW, Douglas, NSU, AJS, Indian, JLO, Norton, Ural, Jawa, Triumph, Vincent (di Indo ada yang punya gak yah?! hehe..), Panther, DKW, Z€ ündapp, Ariel, Alcyon, Dunelt atau merk apapun yang penting pecinta vintage. Milis ini milis baru..butuh peran serta yang yang tinggi dari anggotanya agar milis ini dapat berguna dengan baik sebagai sarana komunikasi antar sesama pecinta kendaraan vintage di Indonesia. Milis ini hadir bukan sebagai pesaing dari milis lain yang serupa yang sudah ada, hanya sekedar ingin hadir sebagai milis yang lebih umum dan lebih terbuka bagi siapapun pecinta Vintage Motor di Indonesia. Kalau memang anda seorang pecinta motor vintage, collector, rider, biker..Please Join! ..coz we're Vintage, we're Fun, we're Brothers![more]
Topics frequently discussed: bmw indonesia, bmw motor, classic harley davidson, classic motors, classic vespa, classic vespa collector, ducati classics, harley davidson indonesia, honda motor indonesia, honda motor indonesia, jlo com, kawazaki, merk, merk motor, model motor honda indonesia, motor baru, motor classic, motor honda indonesia, motor suzuki indonesia, motor yamaha indonesia, nsu com, sepeda motor, sepeda motor honda, suzuki motor indonesia, vespa collector, vespa com, vespa indonesia, vespa vintage, vincent brothers, vintage harley davidson, vintage suzuki, yamaha motor com, yamaha motor indonesia, yamaha motor indonesia, yamaha motor indonesia yang, yamaha motors com
Created: 2 years ago - Join This Group
Vespa_Indonesia_Online
(15 members, Unmoderated)
Buat yang pada hobby ataupun yang punya VESPA, disini kita bisa saling tukar menukar pengalaman entah itu teknis maupun suka dukanya naik VESPA atau acara dan jadwal kegiatan Club VESPA yg ada di INDONESIA. Pokoknya yang mau menambah wawasan dan temen VESPA disini tempatnya. Saya harapkan untuk tujuan saling mengenal itu, temen-temen bisa kirimkan data pribadinya (Nama, Email, Alamat, Telephone, Umur dan Tipe VESPAnya)kalo yg belum punya, tapi seneng sama VESPA boleh juga ikutan. Mudah-mudahan milist VESPA-INDONESIA ini bisa memberikan manfaat buat kita semua pengemar dan pemilik VESPA. ------------------------------------------------------------ This group was established to facilitate interaction among VESPA owners community in Indonesia. Since it was very difficult when I try to find an Indonesian based group for VESPA as a subject, then I decided to make our first VESPA group on the Internet. This group is not only welcome people that really like VESPA or the owners, but also for the people who like VESPA even they do not own one. Now we also welcome VESPA friend from other countries so we could share our experiences, in riding our VESPA. Please provide us with your data such us, Name, e-mail, Address/Country, your VESPA type. This data later on will be kept in our Contact List Database. This information will make us quite easier to know each member of VESPA INDONESIA. [more]
Topics frequently discussed: data names address, indonesia, indonesia, indonesia community in us, interaction online database, only from indonesia, vespa, vespa, vespa club indonesia, vespa indonesia, vespa indonesia online, your data with, your internet experience with interactions
Created: 6 years ago - Join This Group
vespa-petukangan
(10 members, Moderated)
Petualang Vespa Sejati Buat para Scooter yang ada di wilayah jakarta Selatan Khususnya di petukangan Selatan mari bergabung di Group Vespa-Petukangan, disini para scooter-scooter memberikan informasi penting bagi pecinta vespa, group vespa-petukangan bekerja sama dengan VIO (vespa-indonesia Online) untuk mengembangkan situs vespa di indonesia untuk para scooter yang ingin mengetahui lebih banyak informasi tentang vespa di seluruh indonesia ada di http://www.vespa-indonesia.com/new[more]
Topics frequently discussed: vespa, vespa, vespa com, vespa indonesia, vespa indonesia online, vespa scooter, vespa scooters, vespa scooters, www music indonesia com, www vespa com
Created: 3 years ago - Join This Group
VespaIndonesiaOnline
(8 members, Unmoderated)
Buat yang pada hobby ataupun yang punya VESPA, disini kita bisa saling tukar menukar pengalaman entah itu teknis maupun suka dukanya naik VESPA atau acara dan jadwal kegiatan Club VESPA yg ada di INDONESIA. Pokoknya yang mau menambah wawasan dan temen VESPA disini tempatnya. Saya harapkan untuk tujuan saling mengenal itu, temen-temen bisa kirimkan data pribadinya (Nama, Email, Alamat, Telephone, Umur dan Tipe VESPAnya)kalo yg belum punya, tapi seneng sama VESPA boleh juga ikutan. Mudah-mudahan milist VESPA-INDONESIA ini bisa memberikan manfaat buat kita semua pengemar dan pemilik VESPA. ------------------------------------------------------------ This group was established to facilitate interaction among VESPA owners community in Indonesia. Since it was very difficult when I try to find an Indonesian based group for VESPA as a subject, then I decided to make our first VESPA group on the Internet. This group is not only welcome people that really like VESPA or the owners, but also for the people who like VESPA even they do not own one. Now we also welcome VESPA friend from other countries so we could share our experiences, in riding our VESPA. Please provide us with your data such us, Name, e-mail, Address/Country, your VESPA type. This data later on will be kept in our Contact List Database. This information will make us quite easier to know each member of VESPA INDONESIA. [more]
Topics frequently discussed: data names address, indonesia community in us, vespa club indonesia, vespa indonesia, vespa indonesia online, your data with, your internet experience with interactions
Created: 6 years ago - Join This Group
Scooterist-Indonesia
(7 members, Moderated)
Selamat bergabung dengan rekan-rekan pencinta, penggemar dan pengguna motor scooter/vespa di Indonesia. Ini dibuat guna mewadahi komunikasi, sharing pendapat dan keluhan antar scooterist. Forum ini bersifat mandiri/independent dari organisasi manapun tetapi tetap akan mendukung penuh segala kegiatan/event scooter/vespa di Indonesia.[more]
Topics frequently discussed: event organisasi, motor scooter forums, scoti, scoti, vespa indonesia, vespa motor scooter, vespa motor scooter motorcycle, vespa motor scooters
Created: 3 years ago - Join This Group
indonesia_vespa_owner
(4 members, Moderated)
This mailing group connects any of indonesian who love vespa. Salute! Let's us share our common interest: VESPA! [more]
Topics frequently discussed: vespa, vespa, vespa indonesia
Created: 1 year ago - Join This Group
vespa_club_PL27
(3 members, Unmoderated)
Hayy..hay... ayayaya.... Hei smua buruan Gabung di Milis Ini.... Lo Bakalan tau semua tentang vespa..vespa di Indonesia... Ok... [more]
Topics frequently discussed: vespa, vespa, vespa club indonesia, vespa indonesia
Created: 2 years ago - Join This Group
wahyuadhi_12is3_33
(3 members, Moderated)
wahyu adhi suprobo banyuwangi, jawatimur, Indonesia pemalu,suka koleksi ikan hias,suka ngenet,hacker sejati,pemainDJ,vespa rider community,dll [more]
Topics frequently discussed: ikan hias, vespa indonesia
Created: 9 months ago - Join This Group
fusionscooters
(3 members, Unmoderated)
Fusion Scooters merupakan wadah mailing list (milis) untuk para pecinta vespa kendaraan bermotor beroda 2, mailing list ini dibuat sebagai sarana komunikasi diantara scoteeris-scooteris di Indonesia khususnya Jakarta dan sekitarnya. Setiap anggota milis diminta untuk hanya membicarakan masalah vespa dan korelasinya,para anggota dilarang menyinggung masalah SARA dan mengirimkan e-mail yang tidak ada hubungannya dengan kendaraan Vespa. Juga dilarang menggunakan media ini untuk promosi bisnis apapun termasuk MLM, money game, arisan berantai, dll. Setiap anggota yang melanggar akan langsung dikeluarkan dari milis tanpa peringatan.[more]
Topics frequently discussed: fusion scooter, fusion scooters, vespa indonesia
Created: 1 year ago - Join This Group
peking_iwan
(2 members, Unmoderated)
Ini adalah ajang tukar informasi buat para pecinta scooter khususnya produksi Vespa, Disini kami tidak membatasi ruang gerak dengan tahun pembuatan, ataupun jenis vespa tapi kami mau menjalin kekeluargaan dengan Vespa. "Dengan Vespa Kita Menjalin Kekeluargaan"[more]
Topics frequently discussed: iwan, vespa indonesia
Created: 3 years ago - Join This Group
patokuburan
(2 members, Unmoderated)
fsdffsf[more]
Topics frequently discussed: vespa indonesia
Created: 3 years ago - Join This Group
vespaofindonesia
(2 members, Unmoderated)
Eventhough it says Vespa of Indonesia but this club is open to everyone who love Vespa.[more]
Topics frequently discussed: vespa club indonesia, vespa indonesia
Created: 8 years ago - Join This Group

Vespa Kemerdekaan Indonesia (1945)


Semua orang pasti tahu bila ditanya apa itu Vespa, setidaknya mereka akan menjawab bahwa Vespa adalah motor scooter yang memiliki desain yang uniq, dan berbeda dengan jenis motor lainya,namun tidak semua orang tau kalau sesungguhnya Vespa sudah ada sejak zaman kemerdekaan RI.




Inilah Generasi pertama Motor Vespa
  1. Paperino Prototipe


  2. Vespa MP6 Prototipe



Vespa jenis Paperino memang sangat berbeda dengan desain Vespa yang ada saat ini tapi untuk tife MP6 mulai mendekati Vespa yang sering kita liat Sekarang,saya tidak tahu dimana foto itu diambil, Mungkinkah foto tersebut di ambil di Indonesia??, atau mungkinkah Vespa itu adalah kepunyaan Presiden Pertama RI Sukarno yang beliau pake menuju tempat Proklamasi??
atau jangan jangan Presiden Sukarno itu seorang penggemar Vespa??

Vespa 125,150 dan 150 GS tahun 1957

Diposkan oleh RAMKUR On 11:24

Sekarang ini begitu banyak perusahaan otomotif yang memproduksi kendaraan bermotor,termasuk didalamnya motor Vespa,namun ada sedikit perbedaan antara Vesap dengan motor lainya, yaitu nilai jual dari sebuah vespa justru akan semakin tinggi apabila umur vespa tersebut semakin tua,seperti halnya dengan Vespa

125,Vespa 150 dan 150GS.



Semakin tua dan Semakin Orisinil Vespa tersebut, maka semakin tinggi pulalah nilai jual dari Vespa itu,jika ada yang menawarkan vespa seperti di atas tadi kepada anda dengan harga hanya 10-20 juta saja, sebaiknya anda jangan pikir dua kali, karena anda bisa menjualnya kepada pencinta Vespa jauh lebih mahal dari itu atau anda sendiri tertarik untuk mengkoleksinya??


Konflik 1965 tonggak lahirnya Vespa Super

Diposkan oleh RAMKUR On 15:40

Pada Januari 1965, Australia setuju untuk mengirimkan pasukan ke Kalimantan setelah menerima banyak permintaan dari Malaysia. Pasukan Australia menurunkan 3 Resimen Kerajaan Australia dan Resimen Australian Special Air Service. Ada sekitar empat belas ribu pasukan Inggris dan Persemakmuran di Australia pada saat itu.

Secara resmi, pasukan Inggris dan Australia tidak dapat mengikuti penyerang melalu perbatasan Indonesia. Tetapi, unit seperti Special Air Service, baik Inggris maupun Australia, masuk secara rahasia (lihat Operasi Claret). Australia mengakui penerobosan ini pada 1996.

Pada pertengahan 1965, Indonesia mulai menggunakan pasukan resminya. Pada 28 Juni, mereka menyeberangi perbatasan masuk ke timur Pulau Sebatik dekat Tawau, Sabah dan berhadapan dengan Resimen Askar Melayu Di Raja dan Kepolisian North Borneo Armed Constabulary.


Pada tahun yang sama Vespa juga berperang menguasai Pasar otomotif dengan mengeluarkan beberapa Varian berikut ini


  1. Vespa 50N

  2. Vespa 90 Super Sprint

  3. Vespa 125

  4. Vespa 125 Super

  5. Vespa 150 Super
  6. Vespa 180 Super Sport

Menjelang akhir 1965, Jendral Soeharto memegang kekuasaan di Indonesia setelah berlangsungnya kudeta. Oleh karena konflik domestik ini, keinginan Indonesia untuk meneruskan perang dengan Malaysia menjadi berkurang dan peperangan pun mereda.


Pada 28 Mei 1966 di sebuah konferensi di Bangkok, Kerajaan Malaysia dan pemerintah Indonesia mengumumkan penyelesaian konflik. Kekerasan berakhir bulan Juni, dan perjanjian perdamaian ditanda tangani pada 11 Agustus dan diresmikan dua hari kemudian.Namun Motor Vespa yang diproduksi pada tahun tersebut masih bisa kita jumpai sampai saat ini.Sunguh kendaraan yang mengingatkan pada Konflik berdarah saat itu>


Pengorbanan di tahun 1964

Diposkan oleh RAMKUR On 15:28

Menurut Majalah Angkasa Edisi 2006, Pada 1964 pasukan Indonesia mulai menyerang wilayah di Semenanjung Malaya. Di bulan Agustus, enam belas agen bersenjata Indonesia ditangkap di Johor. Aktivitas Angkatan Bersenjata Indonesia di perbatasan juga meningkat. Tentera Laut DiRaja Malaysia mengerahkan pasukannya untuk mempertahankan Malaysia.


Tentera Malaysia hanya sedikit saja yang diturunkan dan harus bergantung pada pos perbatasan dan pengawasan unit komando. Misi utama mereka adalah untuk mencegah masuknya pasukan Indonesia ke Malaysia. Sebagian besar pihak yang terlibat konflik senjata dengan Indonesia adalah Inggris dan Australia, terutama pasukan khusus mereka yaitu Special Air Service(SAS). Tercatat sekitar 2000 pasukan khusus Indonesia (Kopassus) tewas dan 200 pasukan khusus Inggris/Australia (SAS) juga tewas setelah bertempur dibelantara kalimantan.


Disaat Indonesia terlibat perang mempertahankan Wilayahnya,Lahir Vespa 50 di tahun yang sama dan cukup imut seperti gambar berikut


Bagaimana jadinya bila sewaktu masuk ke malaysia pasukan Indonesia mengendarai Vespa ini sebagai kendaraanya....,mungkin akan sedikit korban kali ya??? soalnya tentaranya bisa berlindung di balik body bagian depanya .Hmmmmm....apa mungkin ya??? tapi yang pasti pengorbanan mereka mempertahankan kesatuan wilayah patut dihargai



Vespa 150GS dan Vespa125 Zaman 1960


Setiap mahluk hidup di dunia ini telah diciptakan secara berpasang pasangan,ada pria ada wanita,ada jantan ada betina, dan dari pilosofi itu juga sepertinya Vespa mengeluarkan sepasang Varian yang sungguh Indah yaitu Vespa 125 dan Vespa 150GS seperti yang tampak berikut ini.



Pasangan yang cukup serasi karena tidak memiliki perbedaan yang cukup mencolok, seperti kata orang tua bahwa "semakin banyak persamaan, sebuah pasangan akan semakin rukun dan harmonis".



Vespa Lambreta yang Aduhai



Dari Sekian banyak Model motor Vespa,Lambreta merupakan model Vespa yang bisa dikatakan cukup "berani" tampil beda dari para pendahulunya, dengan tampilan body belakang yang jauh lebih memanjang, membuat Vespa ini cukup artistik dan mengundang kekaguman tersendiri bagi setiap orang yang melihatnya.






Memang Vespa Jenis ini sangat sulit ditemukan, saya secara pribadi belum pernah menemukan secara langsung model vespa jenis Lambreta ini, Desain yang sangat uniq dan elegan.Mungkinkah anda salah satu pemiliknya??

Sejarah Vespa
Written by FIS 008
Tahun 1884 di Genoa Italy adalah Rinaldo Piaggio yg memulai bisnisnya dengan peralatan kapal, tahun 1921 berdiri pabrik di pontedera yang merupakan pusat produksi untuk pesawat terbang, setelah hancur karena PDII kemudian anaknya yaitu Enrico Piaggio memutuskan untuk memfokuskan perusahaan tersebut untuk membut kendaraan pribadi .



Bersama Corradino D'Ascanio seorang insinyur yg merancang helicopter, dibuatlah kendaraan roda dua dgn bodi monocoque dan dirancang fork depan dan belakang seperti roda pesawat agar mudah dalam mengganti ban.

Setelah melihat kendaraan itu dah jadi, Enrico Piaggio berkata "Sembra una Vespa!" (bentuknya seperti tawon) makanya sampe sekarang tuh kendaraan namanya Vespa


Image
Enrico Piaggio, dikelilingi Vespa


1 komentar: